COMPUTER SERVICE ONTHE ROAD INDONESIA

COMPUTER SERVICE ONTHE ROAD WEST JAVA INDONESIA HUB PIN D1046C90 083804449555

Rabu, 19 Januari 2011

PROPOSAL USAHA RUMAH MAKAN / CAFE

Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis Rumah makan / Café .Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara Melihat Pasar masakan apa yang akan kita jual itu tergantung tempat/lokasi dimana kita mau buka Restoran/Cafe tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.

Aspek manajemen

Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem Join ,Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang,3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya,2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.



    Aspek Pemasaran

Target Pasar yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Rumah makan/Café  Mempunyai Menu masakan yang diandalkan /ciri khas . Masakan yang kita sajikan adalah masakan siap saji /Prasmanan dan masakan Dadakan .

 Konsep pemasaran
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Kita mesti mensurvai para pesaing-pesaing Kita. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk Rumah makan/ Cafe di tempat Kita. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Kita  mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa Paket murah.


Produk dan penetapan Harga

Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Kita. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Kita perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan Rumah makan/ Café yang menjual Masakan  murah. Atau Kita menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Kita yang salah. Di sini Kita perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan Rumah makan/ Café murah lainnya.


C0NTOH DAFTAR MENU

Menu Masakan Sunda Dan Masakan Indonesia
Ayam Goreng Tulang lunak
Ayam Bakar
Ayam balado
Ayam Goreng Tepung
Ayam Bumbu Kecap
Ikan Gurame Goreng
Ikan Bawal Bakar
Ikan Gurame asem Manis
Ikan Gurame Goreng Tepung
Udang Goreng
Udang Goreng Tepung
Udang asem Manis
Kerang Rebus
Kerang Asem manis

Kepiting Goreng
Kepiting asem Manis
Kepiting Goreng tepung
Kepiting saos Tiram
Mie Goreng special
Mie Goreng Kornet
Nasi Goreng special
Nasi goring pete
Sop iga bakar
Sop Buntut
Sop sapi
Sop ayam
Sop kepela ikan kakap
Capcay
Oseng kambing
Oseng sayuran
Oseng kankung
Sate kambing
Sate ayam
Gule sapi
Gule kambing

Makanan  Pembuka

Martabak Telor
Pisang keju
Zupa-zupa
Chicken soup
Kentang goreng
Sosis goreng
Omlette

Masakan Eropa

Tenderloin Steak
Sirloin Steak
Chicken Steak
Beef Cordon blue
Chicken Cordon Blue
Beef Burger Steak
Chicken Burger Steak







Minuman

juice alpukat
juice jeruk
juice apel
juice sirsak
juice mangga
juice melon
mix juice
kopi susu
susu telor
susu soda
susu murni macam2 rasa
es teh manis
es teh botol
sprit
fanta
cocacola
ice cream
es Campur
sop Buah
dll





 Aspek Operasional

Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha Rumah Makan, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan, dan Alhamdulillah saya Mengusai masakan Indonesia,Eropa,Chines food,Dll...,Masakan yang akan kita Jual ada masakan yang masih segar. Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang.

   
Persiapan Produksi

Setelah kita mengetahui keinginan konsumen konsumen seperti apa maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi.Persiapan Produksi akan meliputi beberapa Aspek,yang paling utama adalah persiapan Sumber Daya Manusia,Bahan Baku utama,Bahan baku tambahan,Alat Pengolah,Tempat Produksi,serta yang tak kalah penting adalah Sumber Pendanaan.Sumber Daya Manusia dalam Aspek Produksi sangat penting perannya mengingat produk Masakan Kita adalah masakan Siap saji dan Masakan dadakan , Ketersediaan Bahan Baku utama yaitu ayam kampung mesti terjaga stock dan jumlahnya sebab kelangsungan Produksi akan terjaga dengan terjaganya stock yang cukup,mengenai bahan baku tambahan berupa bumbu bumbu dan alat-alat masak, keberadaannya mutlak diperlukan.



Punya Visi

Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Selain Kita buka Rumah makan kita menerima juga Pesanan untuk Hajatan / Pesta Ulang tahun atau Catering.Dibawah ini adalah anggaran/Modal  yang dibutuhkan..


No.
Nama/Deskripsi
Harga
Modal Awal
1.
Kompor Gas & Kompor Grill
Rp. 3.000.000
2.
Alat-alat Masak
Rp. 5.000.000
3.
Meja & Kursi
Rp.4.000.000
4.
Piring & sendok
Rp. 1.000.000
5.
Pisau
Rp. 250.000
6.
Lemari Es
Rp. 1.500.000
7.
Bahan Dasar Masakan
Rp. 4.500.000
8.
Bumbu Masak
Rp.500.000
9.
Tempat Tisu+tisu
Rp.100.000
10.
Botol2 saos,garam,merica
Rp.150.000
11.
Gelas
Rp.500.000
12.
Mixer,Belender & Belender juice
Rp.1.500.000
13.    Perlengkapan Koki                                               Rp.100.000
14.     Baju Seregam                                                       Rp.700.000
15.  Bon ,Brosur/Daftar menu,Spanduk dan ATK      Rp.1000.000
16.  Kendaraan

Total
Rp.   23.700.000




Ongkos Rutin Bulanan
1.
Listrik + Telp.
Rp. 1.000.000 (perkiraan)
2.
Internet provider
Rp. 100.000  (perkiraan)
3.
Promosi
@ Rp. 200.000
4.
BBM =
Rp. 200.000
5.       Gajih Karyawan                                     Rp.

Total :
Jumlah Total
Rp. 1.500.000,-
25.200.000


Terima kasih.



Tentang Saya
CURRICULUM VITAE

Nama                                    : Bambang Firman Hidyat
Tempat/tgl lahir                : Bandung  18 Januari 1981
Alamat                                  : Jln.Pagarsih Gg Mastabir No 46A/89 Kelurahan Cibadak,Kecamatan Astana anyar, Bandung
Kriteria                       : Suka bergaul,Ramah,Sopan Santun,Baik,Bisa bekerja dengan Tim atau Perorangan dan penuh Tanggung Jawab.

beng2Riwayat Pendidikan
Formal
  1. SDN. Pagarsih I, lulus Tahun 1992
  2. SMP Pasundan 4. Bandung, lulus Tahun 1995
  3. STM I  Cianjur, lulus Tahun 1998


Pengalaman Pekerjaan
  1. Asisten Koki di Pusjemen Hankam Jakarta Selatan 2 Tahun (Tahun 1998-2000)
  2. Koki di Warung Sate Cigombong Cianjur 1 Tahun ( Tahun 2000-2001)
  3. Koki di Ayam Bakar Motekar Cianjur Super Mall 1 Tahun ( Tahun 2001-2002)
  4. Koki di Rumah Makan Kudu Tubagus Ismail Bandung 1 Tahun (  Tahun 2002)
  5. Koki di OZT Café  Taman Kopo Indah,Kopo Square, 2 Tahun ( Tahun 2004)
  6. Koki di Kantin Kandaga Komputer  Bandung 1 Tahun (  Tahun 2005)
  7. Asisten Teknisi Komputer di Sinar Com ,Kandaga ,Bandung1 Tahun ( Tahun 2006)
  8. Teknisi & Marketing  Komputer di Matco Komputer ,Kandaga Bandung 5 Bulan   ( Tahun 2007 )
  9. Tektisi & Marketing Komputer di Riyan Perdana Komputer 7 Bulan
      (Tahun 2007)
  1. Teknisi & Marketing Komputer di D’lima Komputer Bandung 1 Tahun ( Tahun 2008 
  2. Owner di Bengbeng Komputer , Kandaga komputer 1 Tahun ( Tahun 2008)
  3. Entry Data dalam Program ILO-IPEC Penceghan Pekerja Anak di Kabupaten Bandung Barat, di LSM Saudara Sejiwa Foundation Bandung  2 Tahun ( Tahun 2008-2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian