PENDAHULUAN
Pengantar
Suatu babak
baru dalam zaman modern ini telah datang,dimana kita sangat bergantung pada
informasi. Negaranegara maju secara ekonomi, menempatkan informasi dan teknologinya
sebagai salah satu point terpenting didalam mempercepat proses transformasi
dibidang perekonomian dan kehidupan dinegaranya. Dengan penguasaan teknologi
informasi yang baik,mereka mampu mensinergikan teknologi informasi tersebut
dengan sektor atau bidang lainnya seperti pertanian, kelautan,
kesehatan,pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan lain-lain, guna memberikan
nilai tambah atau meningkatkan kesejahteraan penduduk
di negaranya.
Bagaimana dengan negara kita? Saat ini penggunaan teknologi informasi mulai
marak dinegara kita, terutama disektor industri. Namun, dari segi
pemanfaatannya, masih
belum maksimal.
Tidak maksimalnya pemanfaatan teknologi informasi ini, salah satunya disebabkan
karena kurang siapnya sumber daya manusia dalam menggunakan, memanfaatkan dan
mengantisipasi perkembangan teknologi informasi tersebut. Selain itu,
perkembangan
teknologi
informasi yang pesat serta sifatnya yang global, akan semakin sulit dipelajari
bila tidak didukung oleh kemampuan penguasaan bahasa asing. Bahasa sebagai
salah satu bentuk alat
penyampaian
informasi merupakan elemen kunci bagi penguasaan teknologi informasi.
Peran serta
sektor pendidikan dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia dibidang
teknologi informasi dan bahasa dapat menjadi solusi bagi hal tersebut diatas.
Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan pengenalan dan pembelajaran sejak
dini terhadap teknologi
informasi dan
bahasa asing disekolah-sekolah. Guna tercapai tujuan diatas, banyak sekali hal
yang perlu disiapkan diantaranya, sarana prasarana dan juga metoda pengajaran.
Seperti,
penyediaan
laboratorium komputer dan laboratorium bahasa disekolah-sekolah. Besarnya biaya
yang diperlukan untuk menyiapkan sarana prasarana seperti, ruang, peralatan
lab, dan materi pengajaran menimbulkan ketimpangan atau tidak semua sekolah
mampu menyediakan fasilitas tersebut diatas. Masalah yang muncul tersebut tentunya
bukan lantas menyurutkan langkah kita untuk turut serta meningkatkan kualitas
sistem pendidikan dinegara kita, melainkan menjadi salah satu pemacu agar kita
dapat mencari solusi dari masalah tersebut, karena peningkatan kualitas
pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kami sebagai pengembang
perangkat lunak (software developer) telah bekerja keras guna mencari pemecahan masalah tersebut, dan
kami berhasil mengembangkan suatu sistem beserta perangkat lunaknya
(software) sebagai suatu solusi efektif
bagi masalah diatas. Yaitu dengan memanfaatkan Computerized Laboratories System yang telah dilengkapi oleh perangkat lunak Teaching Lab.
Teaching Lab adalah software yang dibuat
untuk mengoptimalkan kemampuan laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi
sebagai laboratorium bahasa dan laboratorium pengajaran
berbasis komputer. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini adalah
untuk mengoptimal lab kompute yang ada sehingga bisa berfungsi sebagai
laboratorium bahasa dan lab pengajaran multimedia lainnya. Dengan adanya aplikasi
ini suatu sekolah, perguruan tinggi, lembaga pendidikan tidak perlu lagi untuk
membangun sebuah laboratorium komputer dan sebuah laboratorium
bahasa/multimedia. Cukup dengan membangun laboratorium komputer (computerized laboratories system) yang telah dilengkapi oleh
software Teaching Lab, maka sekolah,
perguruan tinggi atau lembaga pendidikan telah memiliki laboratorium komputer
sekaligus juga laboratorium bahasa/ lab pengajaran multimedia.
Tujuan
Implementasi lab bahasa digital dilkukan dengan sejumlah tujuan
sebagai berikut :
1. Mempersenjatai setiap siswa untuk keberhasilan, yaitu dengan
cara membuat siswa menjadi akrab dengan komputer dan perkembangan teknologinya
(pengenalan sejak dini terhadap
teknologi informasi).
2. Proses pembelajaran berbagai bahasa asing dan pembelajaran berbasi
multimedia dengan lebih baik. Yaitu dengan memanfaatkan kemampuan komputer
dalam mengolah gambar
dan suara.
3. Efisiensi dalam penyediaan peralatan laboratorium komputer dan laboratorium
bahasa/multimedia.
4. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi sebagai salah satu
alat untuk menyempurnakan model/metode pengajaran dan pembelajaran.
Ruang Lingkup Pekerjaan
Pada pengerjaan Implementasi Lab Bahasa Digital ini ini
terdapat beberapa bagian pekerjaan, yaitu :
· Instalasi aplikasi Teaching Lab
· Pelatihan Pengguna
· Pemasangan jaringan komputer (optional)
B A B
GAMBARAN SISTEM
Deskripsi Produk
Teaching
Lab adalah software yang berfungsi untuk mengoptimalkan
kemampuan laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi sebagai laboratorium
bahasa/lab pengajaran
multimedia. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini yaitu untuk menghemat
biaya pembangunan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa/multimedia.
Dengan adanya aplikasi ini sekolah, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan
dapat memiliki laboratorium komputer sekaligus juga laboratorium bahasa/ multimedia.
Fitur-fitur yang terdapat pada software Teaching
Lab ini sesuaidengan fitur-fitur peralatan lab bahasa
pada umumnya, bahkan ada beberapa fitur yang tidak terdapat pada peralatan lab
bahasa standar. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya:
1. Materi pengajaran dapat berbentuk digital baik audio dan video (lab
bahasa konvensional materi berbentuk audio analog/kaset, untuk video diperlukan
peralatan tambahan). Pada lab bahasa konvensional sering terjadi gangguan
mekanik pada pemutar kaset materi. Hal ini menyebabkan biaya kepemilikkan dari
materi pengajaran menjadi besar. Pemakaian yang berulang-ulang
dapat mengakibatkan sering terjadinya kerusakan pada
pita kaset. Dalam format digital hal ini tidak
akan terjadi.
2. Terdapat fungsi untuk Manajemen atau pengaturan materi pengajaran,
guru tidak perlu bingung memilih kaset materi saat proses belajar mengajar
sedang berlangsung.
3. Terdapat fitur komunikasi langsung antara pengajar dengan seorang
siswa atau seluruh siswa serta pengelompokkan siswa/grouping.
4. Kemudahan dalam updating materi pengajaran dan dalam pembuatan
materi pengajaran sendiri. Materi pengajaran dapat berbentuk audio/video, teks
atau e-book.
5. Terdapat fitur dimana siswa dapat memilih sendiri materi yang akan
dipelajari.
6. Penggunaan software yang mudah, diharapkan akan membantu meningkatkan
proses belajar dan mengajar yang efektif.
7. Terdapat fitur kendali PC sehingga siswa selalu fokus pada pelajaran
yang diberikan oleh guru. Guru dapat memonitor PC siswa dan mengunci tombol
komputer siswa.
8. Terdapat modul examination/test dalam bentuk multiple
choiceatau benar salah, dimana hal tersebut tidak terdapat dalam lab bahasa
konvensional.
9. Serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.
Skema Jaringan
Skema peralatan dan jaringan yang diperlukan untuk mengoperasikan Teaching Lab yaitu menggunakan topologi jaringan
berbentuk star yang saat ini sangat umum digunakan, seperti
gambar dibawah ini:
![]() |
lab bahasa |
Perangkat Keras
Perangkat lunak Teaching Lab berjalan dalam sebuah jaringan
komputer dengan spesifikasi perangkat keras sebagai berikut :
a. Master Control
b. Jaringan Komputer
Semua PC terkoneksi dalam sebuah jariangn komputer, dengan kabel
atau tanpa kabel.
Tampilan Sistem
Sistem terdiri dari modul Server (diinstal di server) dan
modul klien (diinstal di workstation). Tampilan sistem baik di
server (guru) maupun di workstation (siswa) sbb. :
Tampilan di konsol guru
Tampilan di siswa
Setting dan Layout Lab
Proses set up agar komputer pengajar dapat berinteraksi dengan
komputer siswa, dengan mudah dilakukan dikomputer pengajar yaitu hanya dengan
memasukkan alamat/protocol komputer siswa (IP Address). Selain itu setting penomoran
komputer siswa dapat disesuaikan dengan layout penempatan komputer pada kondisi
sebenarnya misalkan: memanjang, berbentuk setengah lingkaran, dll sperti gambar
dibawah ini. Kemampuan aplikasi ini dapat berkomunikasi sampai dengan 40 komputer
siswa. layout
di layar guru/siswa layout fisik lab bahasa variasi layout variasi
layout
Manajemen Materi Belajar
Pengaturan materi pengajaran sangat mudah dilakukan dan sangat
fleksibel. Materi dibedakan antara Audio/Video, Halaman Belajar, e-Book dan Tes
Online. Berdasarkan kelompok ini
Anda dapat susun sesuai dengan kebutuhan.
Display Materi
Pengajar dapat mengetahui materi (audio dan video) yang sedang
aktif dikomputer siswa, karena pada aplikasi yang ada dipengajar telah
dilengkapi dengan media player.
Tab
Audio Video
Tab
Pages
Tab
E-books
Panel Kendali
Pada Kontrol panel ini terdapat tombol-tombol (button) yang berfungsi untuk
mengatur sesi materi. Anda dapat memilih tombol kendali yang sesuai dengan
kebutuhan.
Komunikasi
Software ini telah dilengkapi dengan mekanisme interaksi antara
guru dengan siswa. Guru dapat berbicara dengan seluruh siswa atau hanya dengan
seorang siswa. Begitu juga
sebaliknya, siswa dapat bertanya/berkomunikasi dengan guru. Bila diperlukan,
dapat pula diaktifkan group conference yang memungkinkan diskusi dalam sebuah
kelompok.
Modul Ujian
Salah satu keistimewaan dari aplikasi ini yaitu telah adanya modul
untuk ujian dalam bentuk multiple choice. Scoring otomatis dilakukan setelah
siswa selesai mengerjakan ujian. Hasil ujian
dapat disimpan ke format Excel untuk diproses lebih lanjut.
Mengendalikan PC
Siswa
Jika diperlukan, guru dapat mengunci PC siswa sehingga PC tidak
dapat digunakan untuk lainnya. Dengan cara ini, siswa akan fokus pada pelajaran
yang diberikan oleh guru. Kombinasi Lock All Keyboard dan Desktop Splitter akan
menyebabkan tampila di PC guru akan sama dengan tampilan di layar PC Siswa.
B A B
Spesifikasi
Hadrware Komputer Untuk Lab Bahasa
![]() |
komputer untuk Lab Bahasa |
Computer Pentium 4
Motherboard Cipset
Intel
Processor Pentium 4 2,8 Ghz
Memory ddr 1 Gb
Hardisk 80 Gb
Cassing Atx 450 Watt
Keyboard
,Mouse,Headset
Led Advan 15’6 in
![]() |
LAB BAHASA |
System Jaringan (Hardware)
![]() |
TPLINK |
1.Switch
Hub 16 Port TPLINK
![]() |
KABEL BELDEN |
1.Roll
Kabel Belden CAT
System Jaringan (Hardware)
1
Box Konektor RJ45
Instalasi
Jaringan
Ups
600 va
![]() |
UPS |
HARGA HARDWARE KOMPUTER LAB BAHASA
PER 10 UNIT (PAKET) Rp.20.000.000
Sudah termasuk
Alat Jaringan,Ups,dll
Untuk software
Biaya
Implementasi
Biaya implementasi berikut
pengadaan perangkat sistemnya
diberikan di bawah ini.
1
Sistem Teaching Lab– Versi Server 3.500.000 Konsol utama untuk guru
2
Sistem Teaching Lab– Versi Client 1.000.000/PC Mendukung 40 unit PC
3
Pelatihan 2.500.000 Selama 2 hari kerja
Harga
Perpaket 10 unit + server + Rp.16.000.000
TOTAL
HARGA HARDWARE DAN SOFTWARE PER 10
UNIT Rp.36.000.000
Biaya
di atas tidak termasuk :
- Biaya pengadaan perangkat lunak di luar sistem seperti sistem
- operasi MS Windows atau aplikasi lainnya (pengolah audio/video).
- Biaya instalasi jaringan dan pengadaan perangkat keras yang
- diperlukan.
- Biaya transport dan akomodasi untuk implementasi di luar Bandung.
- PPN 10%.
Untuk Info lebih
Jelasnya Hub Bengbeng di :082119464444 / 083821159444
Tidak ada komentar:
Posting Komentar