Pada saat ini banyak orang yang
ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam
hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan
makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga
walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk
membuat bisnis Rumah makan / Café .Dalam memulai usaha dalam bidang apapun,
maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan
menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis
kita dan bagaimana cara Melihat Pasar masakan apa yang akan kita jual itu
tergantung tempat/lokasi dimana kita mau buka Restoran/Cafe tersebut. Yang
kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita
dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi
harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian
memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin
antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko,
dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka
resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai.
Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem Join ,Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang,3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya,2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.
Aspek Pemasaran
Target Pasar yang merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Rumah makan/Café Mempunyai Menu masakan yang diandalkan /ciri
khas . Masakan yang kita sajikan adalah masakan siap saji /Prasmanan dan masakan
Dadakan .
Konsep pemasaran
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK,
Kita mesti mensurvai para pesaing-pesaing Kita. Misalnya saja, menentukan apa,
10 menu terpopuler untuk Rumah makan/ Cafe di tempat Kita. Nah, khusus, ke 10
menu itu, Kita mutlak menguasainya.
Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah
lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan
hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat
nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa Paket murah.
Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Kita. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Kita perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan Rumah makan/ Café yang menjual Masakan murah. Atau Kita menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Kita yang salah. Di sini Kita perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan Rumah makan/ Café murah lainnya.
C0NTOH DAFTAR MENU
Menu Masakan Sunda Dan Masakan Indonesia
Ayam Goreng Tulang lunak
Ayam Bakar
Ayam balado
Ayam Goreng Tepung
Ayam Bumbu Kecap
Ikan Gurame Goreng
Ikan Bawal Bakar
Ikan Gurame asem Manis
Ikan Gurame Goreng Tepung
Udang Goreng
Udang Goreng Tepung
Udang asem Manis
Kerang Rebus
Kerang Asem manis
Kepiting Goreng
Kepiting asem Manis
Kepiting Goreng tepung
Kepiting saos Tiram
Mie Goreng special
Mie Goreng Kornet
Nasi Goreng special
Nasi goring pete
Sop iga bakar
Sop Buntut
Sop sapi
Sop ayam
Sop kepela ikan kakap
Capcay
Oseng kambing
Oseng sayuran
Oseng kankung
Sate kambing
Sate ayam
Gule sapi
Gule kambing
Makanan Pembuka
Martabak Telor
Pisang keju
Zupa-zupa
Chicken soup
Kentang goreng
Sosis goreng
Omlette
Masakan Eropa
Tenderloin Steak
Sirloin Steak
Chicken Steak
Beef Cordon blue
Chicken Cordon Blue
Beef Burger Steak
Chicken Burger Steak
Minuman
juice alpukat
juice jeruk
juice apel
juice sirsak
juice mangga
juice melon
mix juice
kopi susu
susu telor
susu soda
susu murni macam2 rasa
es teh manis
es teh botol
sprit
fanta
cocacola
ice cream
es Campur
sop Buah
dll
Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan
perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang
dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha Rumah Makan,
paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan, dan Alhamdulillah
saya Mengusai masakan Indonesia,Eropa,Chines food,Dll...,Masakan yang akan kita
Jual ada masakan yang masih segar. Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat
keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah
dijangkau semua orang.
Persiapan Produksi
Setelah kita mengetahui keinginan konsumen konsumen seperti apa maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi.Persiapan Produksi akan meliputi beberapa Aspek,yang paling utama adalah persiapan Sumber Daya Manusia,Bahan Baku utama,Bahan baku tambahan,Alat Pengolah,Tempat Produksi,serta yang tak kalah penting adalah Sumber Pendanaan.Sumber Daya Manusia dalam Aspek Produksi sangat penting perannya mengingat produk Masakan Kita adalah masakan Siap saji dan Masakan dadakan , Ketersediaan Bahan Baku utama yaitu ayam kampung mesti terjaga stock dan jumlahnya sebab kelangsungan Produksi akan terjaga dengan terjaganya stock yang cukup,mengenai bahan baku tambahan berupa bumbu bumbu dan alat-alat masak, keberadaannya mutlak diperlukan.
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi
pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi
mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan
maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa.
Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main
ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih
misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali
datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai,
semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Selain Kita buka Rumah makan kita menerima juga Pesanan untuk Hajatan / Pesta Ulang tahun atau Catering.Dibawah ini adalah anggaran/Modal yang dibutuhkan..
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Selain Kita buka Rumah makan kita menerima juga Pesanan untuk Hajatan / Pesta Ulang tahun atau Catering.Dibawah ini adalah anggaran/Modal yang dibutuhkan..
No.
|
Nama/Deskripsi
|
Harga
|
Modal Awal
|
||
1.
|
Kompor Gas & Kompor Grill
|
Rp. 3.000.000
|
2.
|
Alat-alat Masak
|
Rp. 5.000.000
|
3.
|
Meja & Kursi
|
Rp.4.000.000
|
4.
|
Piring & sendok
|
Rp. 1.000.000
|
5.
|
Pisau
|
Rp. 250.000
|
6.
|
Lemari Es
|
Rp. 1.500.000
|
7.
|
Bahan Dasar Masakan
|
Rp. 4.500.000
|
8.
|
Bumbu Masak
|
Rp.500.000
|
9.
|
Tempat Tisu+tisu
|
Rp.100.000
|
10.
|
Botol2 saos,garam,merica
|
Rp.150.000
|
11.
|
Gelas
|
Rp.500.000
|
12.
|
Mixer,Belender & Belender juice
|
Rp.1.500.000
|
13. Perlengkapan
Koki
Rp.100.000
14. Baju
Seregam Rp.700.000
15. Bon
,Brosur/Daftar menu,Spanduk dan ATK
Rp.1000.000
16. Kendaraan
|
||
Total
|
Rp. 23.700.000
|
|
Ongkos Rutin Bulanan
|
||
1.
|
Listrik + Telp.
|
Rp. 1.000.000 (perkiraan)
|
2.
|
Internet provider
|
Rp. 100.000 (perkiraan)
|
3.
|
Promosi
|
@ Rp. 200.000
|
4.
|
BBM =
|
Rp. 200.000
|
5. Gajih
Karyawan
Rp.
|
||
Total :
Jumlah Total
|
Rp. 1.500.000,-
25.200.000
|
Terima kasih.
Tentang Saya
CURRICULUM VITAE
Nama :
Bambang Firman Hidyat
Tempat/tgl lahir :
Bandung 18 Januari 1981
Alamat : Jln.Pagarsih
Gg Mastabir No 46A/89 Kelurahan Cibadak,Kecamatan Astana anyar, Bandung
Kriteria : Suka
bergaul,Ramah,Sopan Santun,Baik,Bisa bekerja dengan Tim atau Perorangan dan
penuh Tanggung Jawab.

Formal
- SDN. Pagarsih I, lulus Tahun 1992
- SMP Pasundan 4. Bandung, lulus Tahun 1995
- STM I Cianjur, lulus Tahun 1998
Pengalaman Pekerjaan
- Asisten Koki di Pusjemen Hankam Jakarta Selatan 2 Tahun (Tahun 1998-2000)
- Koki di Warung Sate Cigombong Cianjur 1 Tahun ( Tahun 2000-2001)
- Koki di Ayam Bakar Motekar Cianjur Super Mall 1 Tahun ( Tahun 2001-2002)
- Koki di Rumah Makan Kudu Tubagus Ismail Bandung 1 Tahun ( Tahun 2002)
- Koki di OZT Café Taman Kopo Indah,Kopo Square, 2 Tahun ( Tahun 2004)
- Koki di Kantin Kandaga Komputer Bandung 1 Tahun ( Tahun 2005)
- Asisten Teknisi Komputer di Sinar Com ,Kandaga ,Bandung1 Tahun ( Tahun 2006)
- Teknisi & Marketing Komputer di Matco Komputer ,Kandaga Bandung 5 Bulan ( Tahun 2007 )
- Tektisi & Marketing Komputer di Riyan Perdana Komputer 7 Bulan
(Tahun 2007)
- Teknisi & Marketing Komputer di D’lima Komputer Bandung 1 Tahun ( Tahun 2008
- Owner di Bengbeng Komputer , Kandaga komputer 1 Tahun ( Tahun 2008)
- Entry Data dalam Program ILO-IPEC Penceghan Pekerja Anak di Kabupaten Bandung Barat, di LSM Saudara Sejiwa Foundation Bandung 2 Tahun ( Tahun 2008-2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar